Bangkok, Mobilitas – Peluncuran Tank 500 dan Tank 500 versi anyar itu dilakukan di Bangkok pada Kamis (28/9/2023) dan mulai dijual pada Oktober.
Keterangan resmi Great Wall Motor (GWM) Thailand yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (29/9/2023), kedua model itu menggunakan teknologi paling canggih. Keduanya juga menggunakan paltform yang sama, yakni Tank dan Hi4-T New Energy Vehicle.
“Sehingga menyuguhkan gaya berkendara sebuah kendaraan off-road yang bercirikan kemampuan, bertenaga, dan nyaman. Selain itu, tetap ramah lingkungan,” ungkap Marketing Vice President GWM wilayah Asia Tenggara, Vudhigorn Suriyachtananont.
Tank 500 hybrid versi paling anyar tersebut disajikan dua tipe yakni Pro dan Ultra yang masing-masing dibanderol 2.049.000 baht dan 2.269 baht atau sekitar Rp 867,3 juta (kurs 1 baht = Rp 423,27). Sementara Tank hybrid versi paling gres alias yang terbaru ini disuguhkan untuk kendaraan gaya hidup petualang dibanderol 1.649.000 baht – 1.799.000 baht atau sekitar Rp 698 juta – Rp 761,46 juta.
Model anyar dua SUV hybrid ini menjadi amunisisi anyar bagi GWM dalam menggedor pasar dunia, termasuk di Thailand. Sejak diluncurkan di Guangzhou Auto Show 2021 hingga Agustus 2023 telah terjual 300.677 unit, dimana 60 persen diantaranya terjual di Republik Rakyat Cina.
Di Thailand, Tank 500 pertama kali diluncurkan di hajatan Bangkok Interntional Motor Show 2023, awal tahun ini. Sementara, di Cina total penjualan mobil merek Tank ke konsumen (penjualan ritel) sepanjang Januari – Agustus tahun ini menyusut.
Data Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) dan Asosiasi Pabrikan Mobil Cina (CAAM) yang disitat Mobilitas, di Jakarta, Jumat (29/9/2023) menunjukkan sepanjang delapan bulan pertama itu mobil merek Tank terjual ke konsumen sebanyak 76.893 unit. Jumlah ini susut 1,5 persen dibanding periode sama di 2022.
Selama Januari – Agustus 2023 itu sebanyak 12.229 unit SUV Tank 500 yang diboyong konsumen (penjualan ritel). Jumlah penjualan ritel tersebut melonjak 68,5 persen dibanding periode sama di 2022.
Adapun Tank 300, pada saat yang sama, dibeli konsumen sebanyak 64.664 unit. Namun, total penjualan ini merosot 8,6 persen dibanding periode sama di tahun 2022. (Din/Aa)