Tekuk Lagi Volkswagen, Toyota Juara Penjualan Mobil Dunia

0
1296
Salah satu mobil buatan Toyota yang dijajakan di pasar dunia termasuk Inggris - dok.Financial Times

London, Mobilitas – Toyota Motor Corportaion (Toyota) kembali mencatatkan diri sebagai pabrikan dengan penjualan mobil terbanyak di dunia mengalahkan Volkswagen (VW) Group. Keunggulan Toyota atas pabrikan asal Jerman itu merupakan yang kedua kalinya, setelah tahun 2020 lalu berhasil menumbangkan VW dalam penjualan.

Seperti dilaporkan Kyodo News dan The Financial yang mengutip data internal perusahaan dan lembaga riset asal London, HIS Markit, Jumat (28/1/2022) Toyota Group – yang terdiri dari merek Toyota, Daihatsu, dan Hino – sepanjang tahun 2021 berhasil mengantongi angka penjualan sebanyak 10,5 juta unit. Jumlah ini melonjak sekitar 10% dibanding total angka yang berhasil diraupnya selama tahun 2020.

Toyota Raize – dok.Istimewa

Pada saat yang sama, VW Group – yang terdiri dari merek Volkswagen, Porsce, Audi, Skoda, Seat, dan beberapa lainnya – mengoleksi angka penjualan sebanyak 8,9 juta unit. Jumlah itu menciut 4,5% dibanding jumlah yang berhasil dibukukannya sepanjang tahun 2020.

“Pada tahun 2021, dampak penyebaran Covid-19 tidak separah tahun 2020, sehingga penjualan dan produksi global naik dari tahun ke tahun. Walau pun, krisis pasokan semikonduktor atau chip sempat mengganggu proses produksi sehingga di beberapa tempat sempat dihentikan kegiatannya,” bunyi pernyataan Toyota.

Produksi mobil Volkswagen – dok.US News

Data yang dilansir Kraftfahrt-Bundesamt (KBA) Jerman beberapa waktu lalu menunjukkan, di rentang waktu Januari hingga November 2021 penjualan VW Group mengalami tekanan berat di dua pasar utamanya yakni Eropa dan Cina. Di Eropa Barat penjualan VW merosot 2,7% menjadi 2,86 juta unit, sementara di Cina ambles 14,1% menjadi 3,30 juta unit. (Vto/Aa)