Termahal Sejagat, Harga Pelat Nomor Lamborghini Ini Rp 171,4 Miliar

0
1645
Lamborghini Aventador SVJ Roadster dengan pelat nomor 123 - dok.Istimewa via Bahamas News

Monaco, Mobilitas – Sebuah roadster Lamborghini Aventador SVJ dikenal sebagai salah satu supercar yang berbanderol mahal, dan semua orang memakluminya. Namun, yang membuatnya jauh lebih istimewa adalah pelat nomor yang disandangnya.

Seperti dilaporkan laman Bahamas News dan Carscoops, Sabtu (7/8/2021), seorang YouTuber kondang di Monaco, Fipeux, menemukan Lamborghini tersebut memakai pelat nomor “123”. Nilai atau harga pelat tersebut mencapai US$ 11,87 juta atau sekitar Ro 171,45 miliar (kurs US$1 = Rp 14.444,6).

“Jika kabar itu benar, maka pelat nomor itu merupakan pelat nomor termahal di dunia,” tulis Bahamas News.

Sumber yang mengetahui rekam jejak mobil itu mengatakan, pelat nomor tersebut berasal dari Qatar dan diperoleh melalui sebuah lelang. Biasanya – bahkan pelat dengan harga fantastis yang memecahkan rekor dunia – menggunakan nomor dan huruf yang unik dan memiliki keterkaitan dengan seseorang.

Lamborghini Aventador SVJ Roadster yang berpelat nomor 123 – dok.Bahamas News

“Namun, pelat dengan tulisan 123 ini pun sangat unik karena tanpa embel-embel apapun tetapi lain dari yang lain,” ujar seorang analis lelang, Nickerman Redman.

Walhasil, mobil penggunanya juga mendapatkan harga terbaik ketika dilelang dan dimenangkan oleh pemiliknya sekarang. Maklum, tampilannya memang ciamik. Bodinya di-finishing dengan warna putih mutiara, dipadukan dengan atap serat karbon dan elemen aero, pelek hitam, kaliper rem merah, dan grafis ungu.

Di dalam kabin, jok dibalut lembaran kulit berkelir putih dengan ungu, dan detil-detil dasbornya menggunakan bahan dari serat karbon. Kabarnya, sang pemilik sekarang ini memiliki sejumlah mobil eksklusif, tetapi roadster Aventador SVJ dengan pelat 123 itu diduga sebagai mobil favoritnya.

Lamborghini SVJ ini diluncurkan pada tahun 2019 dengan kit aerodinamis yang agresif dan mesin yang lebih bertenaga. Mesinnya yang berkapasitas 6.5 liter bertenaga 759 hp dengan torsi 720 Nm.

Bugatti Divos – dok.Carscoops

Penyaluran tenaga ke empat rodanya menggunakan transmisi otomatis tujuh tingkat percepatan. Dengan tenaga sebesar itu, roadster itu mampu berakselerasi dari kecepatan 0 kilometer per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj hanya dalam tempo 2,9 detik.

Kecepatan tertingginya (dibatasi secara otomatis demi keamanan) mencapai 350 kpj. Lamborghini hanya memproduksinya 800 unit dan membanderolnya US$ 573.966 atau sekitar Rp 8,3 miliar. (Swe/Aa)