Ternyata, di Jerman Hyundai Lebih Laku Ketimbang Toyota

0
1974
Hyundai Kona EV model 2022 - dok.Electrek

Munich, Mobilitas – Penjualan mobil baru di Jerman sekali lagi terhambat oleh kelangkaan suku cadang dan masalah logistik akibat krisis Covid-19 dan invasi Ukraina oleh Rusia. Penurunan yang curam terjadi selama bulan April. Hal itu terjadi terkait dengan kondisi pasokan komponen dan logistik akibat imbas invasi Rusia ke Ukraina.

Data di Kraftfahrt-Bundersamt (KBA) alias Otoritas Transportasi Federal Jerman yang dinukil Mobilitas, Senin (16/5/2022), menunjukkan selama bulan keempat itu total penjualan mobil di Negeri Panzer itu sebanyak 180.264 unit. Jumlah itu anjlok itu, 21,5% dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Data KBA juga menyebut secara kumulatif Januari hingga April tahun ini sebanyak 806.218 unit. Jumlah ini juga merosot, bahkan mencapai 9% dibanding empat bulan pertama tahun lalu.

Hyundai IONIQ 5 jadi mobil terbaik di Jerman – dok.Cision News

Ada 10 pabrikan atau merek yang menguasai pasar Jerman di rentang waktu Januari hingga April tersebut. Sebagian besar merupakan merek lokal Jerman, lalu satu merek asal Amerika Serikat (Ford) dan satu merek dari Prancis (Renault).

Ada dua merek atau pabrikan dari Asia yakni dari Jepang (Toyota) dan dari Korea Selatan (Hyundai). Namun, dari volume ternyata Hyundai jauh lebih unggul atau lebih laku ketimbang Toyota.

Bahkan, selisih jumlah penjualannya cukup jauh, Toyota menjual mobil sebanyak 24.445 unit dan Hyundai sebanyak 30.755 unit (6.310 unit). Sehingga mengantarkan Toyota hanya menapak urutan ke-10 dalam daftar merek terlaris di Jerman pada periode itu, dan Hyundai berada di urutan kedelepan.

Ilustrasi, Toyota – dok.Getty Images

Berikut daftar 10 merek paling laris di Jerman sepanjang Januari – April 2022 (berdasar total mobil yang terjual):
Volkswagen: 141.073 unit
Mercedes-Benz: 74.073 unit
Audi: 67.332 unit
BMW: 66.772 unit
Skoda: 46.253 unit
Opel: 44.241 unit
Ford: 40.037 unit
Hyundai: 30.755 unit
Renault: 25.122 unit
Toyota: 24.445 unit
Sumber: KBA, 2022. (Din/Aa)