Bisnis

Ternyata, Penjualan Ritel Denza D9 di Cina Selama Januari – Februari Tahun Ini Anjlok

×

Ternyata, Penjualan Ritel Denza D9 di Cina Selama Januari – Februari Tahun Ini Anjlok

Share this article
Denza D9 facelift yang diluncurkan di Cina akhir 2024 lalu - dok.Istimewa

Shenzen, Mobilitas – Melempemnya penjualan MPV listrik mewah besutan Denza itu memberi andil besar terhadap kemerosotan total penjualan mobil merek Denza ke konsumen (penjualan ritel) di dua bulan pertama 2025 itu.

Data Asoasiasi Pabrikan Mobil Cina (CAAM) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Selasa (25/3/2025) menunjukkan selama periode Januari – Februari 2025, total mobil Denza yang terjual dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) di Republik Rakyat Cina (Cina) sebanyak 58.536 unit.

Jumlah ini merosot 3,2 persen dibanding total penjualan ritel yang dibukukan submerek mobil listrik milik Build Your Dreams (BYD) pada kurun waktu yang sama pada 2024. Fakta data juga berbicara, di periode tersebut sejumlah model kondang Denza penjualannya jeblok, termasuk model paling hot (yang saat ini juga dijajakan di Indonesia) yakni Denza D9.

MPV listrik premium itu, selama Januari – Februari 2025 terjual ke konsumen Negeri Panda tersebut sebanyak 53.078 unit (gabungan penjualan vraian listrik baterai atau BEV dan plug-in hybrid atau PHEV). Total penjualan ritel ini anjlok 12,1 persen dibanding periode sama di tahun lalu.

Denza D9 yang dipasarkan di Indonesia – dok.Mobilitas

Padahal, pada penghujung tahun 2024 (31 Desember 20240 Denza menyodorkan versi pembaruan (facelift) dari MPV mewah itu. Versi anyar ini juga meliputi varian BEV maupun PHEV.

Kemudian, model lain yang penjualannya terpuruk adalah Denza X yang hanya laku 9 unit, ambrol hingga 79,2 persen dibanding total penjualan ritel yang berhasil dicetaknya pada Januari – Februari 2024. Sedangkan Denza N7 yang merupakan model baru laku sebanyak 4.876 unit (belum bisa dibandingkan karena baru dijajakan).

Lalu, Denza N8 yang juga tercatat sebagai pendatang baru, di periode Januari – Februari 2025 itu laku sebanyak 567 unit. Total jumlah penjualan ritel denza N ini tentu juga belum bisa dibandingkan, karena pada periode dua bulan pertama 2024 belum dijual. (Din/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id