Jakarta, Mobilitas –Berbeda dengan PT Toyota Astra Motor (TAM), ternyata penjualan merek lain yang juga berada di bawah payung Grup Astra yakni Daihatsu Motor, di saat yang sama malah moncer.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di jakarta, Senin (15/1/2024) menunjukkan sepanjang tahun 2023 itu PT TAM hanya membukukan penjualan mobil Toyota ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 325.395 unit. Jumlah ini melorot 1,24 persen dibanding tahun 2022 yang mencapai 329.498 unit.
Artinya, di tahun 2023, jumlah mobil Toyota yang diboyong konsumen ke rumah berkurang sebanyak 4.103 unit. Jumlah yang tidak sedikit tentunya, mengingat jumlah model mobil berikut varian tipenya yang dijajakan Toyota Indonesia merupakan yang terbanyak.
Padahal, di tahun itu, distribusi mobil Toyota ke diler (wholesales) tercatat meningkat 1,62 persen dibanding tahun 2022. Totalnya di tahun 2023 mencapai 336.777 unit dari tahun sebelumnya yang sebanyak 331.410 unit.
Pencapaian kinerja penjualan merek Toyota di Indonesia ini, kalah tokcer dibanding sesama merek Jepang yang juga diageni perusahaan di bawah payung Grup Astra, PT Daihatsu Astra Motor (ADM). Fakta berbicara, di tahun tersebut mobil Daihatsu yang dijajakan ADM laku terjual ke konsumen sebanyak 194.108 unit.
Jumlah tersebut meningkat 2,9 persen dibanding tahun sebelumnya yang masih sebanyak 188.660 unit. “Meningkatnya penjualan ritel Daihatsu ini cukup menarik, karena terjadi pada saat penjualan secara total menurun, market yang lesu.Selama tahun 2023, total penjualan ritel (mobil secara keseluruhan) turun,” ujar seorang pengurus Gaikindo yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Senin (15/1/2023).
Data Gaikindo memperlihatkan selama tahun 2023, total penjualan ritel mobil di Tanah Air sebanyak 998.059 unit. Jumlah itu menciut 1,5 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 1.013.582 unit. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id