Tesla Model Y, Kini Jadi SUV Terlaris di Cina

0
1189
Tesla Model Y terbaru - dok.InsideEVs

Beijing, Mobilitas – Mobil besutan Tesla Motors Inc – yakni Tesla Model Y – tercatat sebagai SUV terlaris di Cina sepanjang januari hingga Maret tahun ini. Mobil itu tak hanya berada di urutan pertama di daftar penjualan SUV listrik tetapi juga SUV secara keseluruhan (baik konvensional, hybrid, plug-in hybrid, hingga listrik baterai).

Seperti dilaporkan laman CNEV Post, Selasa (12/4/2022), data yang dirilis China Passenger Car Association (CPCA) menunjukkan, selama tiga bulan pertama itu Tesla Model Y terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 74.681 unit. Jumlah ini meroket hingga 354,8% dibanding penjualan penjualan selama kurun waktu yang sama tahun lalu yang men capai 16.422 unit.

“Pencapaian penjualan ritel Tesla Model Y ini sekaligus menggeser SUV dari Great Wall Motors Haval H6 dan BYD Song yang di kuartal pertama tahun 2021 lalu menempati urutan pertama dan kedua di daftar SUV terlaris (di Republik Rakyat Cina),” bunyi keterangan CPCA.

Tesla Model Y juga diproduksi di pabrik Tesla yang berada di Shanghai, Cina – dok.Istimewa

Fakta data itu memperlihatkan selama triwulan pertama tahun ini BYD Song terjual ritel sebanyak 73.704 unit dan berada di urutan kedua setelah Tesla Model Y. Sedangkan Haval H6 yang berada di urutan ketiga laku dibeli konsumen sebanyak 71.411 unit.

Data CPCA yang dinukil Mobilitas, Selasa (12/4/2022) menunjukkan, selama Januari Maret tahun ini total penjualan (wholesales) mobil di Cina mencapai 6,51 juta unit. Jumlah ini meningkat tipis 0,2% dibanding kuartal pertama 2021.

Sedangkan penjualan kendaraan energi baru – mulai dari hybrid hingga listrik murni alias listrik baterai (BEV) – pada periode itu melonjak 116% dibanding tahun lalu.

Haval H6, SUV terlaris Great Wall Motors – dok.Istimewa via CarsGuide

Sebelumnya, seperti dilaporkan laman China Daily dan People Daily, Selasa (18/1/2022) pemerintah Cina mengklaim negaranya tetap menempati posisi pertama dalam daftar pasar mobil listrik terbesar di dunia tahun 2021. Bahkan posisi ini merupakan yang ketujuhkalinya disandang Cina dalam tujuh tahun berturut.

“Penjualan NEV yang sebanyak 3,52 juta unit di tahun 2021 itu naik 160% dibanding tahun sebelumnya,” bunyi pernyataan resmi Kementerian Industri Cina. (Vto/Aa)