Toyota dan Honda Merek Paling Berpengaruh di Asia

0
1415
Toyota C-HR berteknologi listrik yang diperkenalkan di hajatan Shnaghai Auto Show 2021 di Shanghai, Cina, April 2021 - dok.China Daily

Beijing, Mobilitas – Hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset asal Beijing, Cina – World Brand Lab – belum lama ini menunjukkan ada 10 merek yang memiliki pengaruh luar biasa di Asia pada tahun 2021. Merek-merek itu merupakan merek dari produsen pembuat berbagai produk dan jasa, mulai dari keuangan, teknologi informasi, peralatan rumah tangga, hingga otomotif.

Dalam keterangan hasil riset yang dilansir laman China Daily, Senin (18/10/2021), lembaga riset itu menyatakan daftar 10 merek paling berpengaruh di Asia itu dibuat dengan mengacu pada kemampuan merek dalam melakukan penetrasi dan posisinya di pasar.

“Selain itu dilihat dari bagaimana merek-merek tersebut menghasilkan keuntungan. Indikator dasar yang digunakan oleh World Brand Lab untuk mengevaluasi pengaruh merek Asia ini termasuk pangsa pasar yang mereka kuasai, loyalitas pelanggan terhadap merek tersebut, dan kepemimpinannya di kancah global,” bunyi keterangan itu.

Toyota Crown atau Toyota Kluger, mobil kelas premium Toyota yang dijajakan di Cina – dok.Istimewa

Disebutkan pula bahwa daftar 10 merek paling berpengaruh di Asia ini merupakan hasil penyaringan dari daftar 500 Merek Paling Berpengaruh di Asia. Peneringkatan seperti ini diterbitkan setiap tahun sejak tahun 2006.

Toyota yang berada di peringkat pertama dan sekaligus menjadi merek produk otomotif di urutan pertama dalam daftar tersebut. Lalu di belakang dia ada State Grid, ICBC, Haier, Tencent, Samsung, dan Sony.

Kemudian, di urutan kedelapan ada merek produk otomotif yakni Honda. Merek asal Jepang ini, menemani Toyota di daftar tersebut dan menjadi yang kedua dari merek otomotif yang masuk ke daftar 10 besar merek paling berpengaruh tersebut. Di belakang Honda terdapat China Life, dan Huawei.

Peluncuran mobil listrik Honda e di Eropa – dok.Istimewa via China Daily

Prestasi global
Pengakuan terhadap nilai unggul merek Toyota tak hanya di lingkup Asia saja, tetapi juga dunia. Sebelumnya, pada Maret lalu, lembaga riset London Brand Finance telah menyatakan Toyota sebagai merek paling bernilai (The Most Valueable Brand 2021).

Seperti dilaporkan laman Thedrive.com.au, belum lama ini, Toyota yang telah berada di posisi puncak di daftar tersebut sekaligus menggeser Mercedes-Benz. Merek mobil asal Jerman itu, sebelumnya sejak tahun 2017 hingga 2020 terus bercokol di posisi tersebut.

Ilustrasi, emblem Mercedes-Benz – dok.Boston.com

“Toyota telah ada selama lebih dari 75 tahun, berkembang dari anak perusahaan tenun kecil di Jepang menjadi salah satu merek mobil paling dihormati dan tepercaya di dunia,” kata Direktur Riset London Brand Finance, Alex Haigh. (Vto/Aa)