Versi Terbaru Meluncur di RI, Begini Penjualan Honda HR-V Selama Ini

0
1221
All New Honda HR-V - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Honda Motor melalui PT Honda Prospect Motor (HPM) disebut-sebut bakal meluncurkan versi paling gres alias model terbaru SUV kompak Honda HR-V. Model bertitel All New Honda HR-V itu disebut bakal meluncur di hajatan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 yang berlangsung 12-20 Maret lusa.

“Kalau tidak ada perubahan jadwal, peluncuran direncanakan di pameran itu (GJAW),” kata salah satu petinggi diler Honda di kawasan Tangerang, saat dihubungi Mobilitas dari Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Dia menyebut, di pasar Indonesia, All New Honda HR-V itu disuguhkan dengan pilihan yang istimewa. Karena, ada varian bermesin 1.5 liter turbo yang diimbuhi turbocharger dengan embel-embel RS di belakang namanya.

Tampilan belakang All New Honda HR-V – dok.Istimewa

“Kalau di generasi sebelumnya model paling tinggi itu kan 1.8 liter ya. Tetapi, kalau sekarang di All New Honda HR-V itu 1.5 liter turbo. Mengapa demikian, karena ini terkiat dengan tren soal efisiensi bahan bakar dan keramahan lingkungan. Sehingga mobil menggunakan mesin yang lebih kecil, tetapi performanya tetap oke, caranya ya pakai turbo itu,” terang pejabat diler tersebut.

Menariknya lagi, di All New Honda HR-V itu tidak ada pilihan transmisi manual. Semua varian atau tipe menggunakan transmisi otomatis Continously Variable Transmission (CVT).

Penjualan ambrol
Di segmen pasarnya – SUV kompak – Honda HR-V tercatat sebagai model paling banyak dibeli konsumen. Meski demikian, jika dilihat tren penjualannya ke diler (whholesales) sejak tahun 2016 terus merosot.

Data di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, Rabu (19/3/2022) memperlihatkan, sepanjang tahun 2015 total wholesales SUV ini masih sebanyak 35.352 unit. Jumlah distribusi ke diler itu melonjak di tahun berikutnya (2016) sehingga menjadi 43.075 unit.

Tahun 2017 jumlah wholesales mulai ambles, karena hanya sebanyak 39.081 unit. Tahun berikutnya malah anjlok lebih dalam lagi, menjadi 34.891 unit.

Tampilan samping All New Honda HR-V – dok.Istimewa

Kemerosotan masih berlangsung di tahun 2019, bahkan semakin parah. Saat itu total wholesales hanya 21.980 unit.

Lagi-lagi, ambrolnya penjualan terjadi, yakni di tahun 2020 dimana total wholesales yang dibukukan salah satu mobil andalan Honda Indonesia itu hanya sebanyak 13.201 unit.

Sedangkan di tahun 2021, di rentang waktu Januari hingga November, total wholesales Honda HR-V hanya sebanyak 15.404 unit. (Vto/Aa)