Jakarta, Mobilitas – Vespa edisi khusus dalam rangak ulang tahun Disney yang ke-100 ini berbasis Vespa Primavera 150.
Edisi ini menonjolkan padu-padan warna khas Disney, yakni hitam, merah, putih, dan kuning. Warna tersebut merepresentasikan sosok Mickey Mouse, yakni sosok tikus legendaris kebanggaan Walt Disney.
Chief Executive of Global Strategy, Product, Marketing, and Innovation of the Piaggio Group, Michele Colaninno menyebut sebuah ikon abadi seperti Vespa tidak akan melewatkan kesempatan untuk sebuah perayaan. Termasuk saat hari jadi Disney ke-100 dan ikonnya yang juga tak lekang oleh waktu, Mickey Mouse.
“Melalui penghormatan dalam bentuk kreativitas, imajinasi, dan keceriaan, nilai-nilai yang selalu dipegang oleh Vespa dulu hingga sekarang,” ungkap dia, dalam keterangan resmi yang dirilis Piaggio Indonesia, di Jakarta, Senin (26/6/2023).
Inovasi Piaggio (yang merupakan induk dari Vespa) ini tentu diharapkan membuahkan hasil berupa semakin diminatinya produk motor yang dijajakan grup tersebut, sebagaimana waktu-waktu sebelumnya.
Data internal Piaggio Group yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Senin (26/6/2023) menunjukkan sepanjang 2022 lalu, Piaggio (yang meliputi merek Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi) menjual motor sebanyak 625.034 unit. Jumlah ini meningkat 16,7 persen dibanding penjualan selama tahun 2021, yang sebanyak 536.022 unit.
Sementara di tahun 2023 ini, selama Januari hingga Maret alias kuartal pertama, Piaggio Group melego motor sebanyak 141.806 unit. Jumlah ini meningkat 9,2 persen dibanding periode sama di 2022.
Total nilai penjualan di tiga bulan pertama tahun ini mencapai 546,8 juta euro. Meningkat signifikan dibanding nilai penjualan selama kuartal pertama 2022 yang sebesar 455,8 juta euro. (Swe/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id