Waspadalah Honda HR-V Cs, Wuling Asta Mulai Gedor Dunia

0
2386
Wuling Asta, SUV kompak baru Wuling Motors - dok.Istimewa

Guangzhou, Mobilitas – Pasar Sport Utility Vehicle (SUV) di dunia yang terus bertumbuh seiring dengan perubahan gaya hidup konsumen (yang didominasi kelompok milenial) direspon secara sigap oleh SGMW Motors (Wuling Motors). Pabrikan asal Liuzhou, Guangxhi, Republik Rakyat Cina (Cina) itu menyodorkan SUV kompak anyar bernama Wuling Asta.

Seperti dilaporkan laman People Daily dan Carscoops, Sabtu (18/9/2021) Asta memiliki dimensi panjang 4.594 milimeter (mm), lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.740 mm, dengan jarak sumbu roda 2.750 mm. Dimensi ukuran ini kurang lebih sama dengan Chevrolet Equinox.

Interior SUV lima kursi menyuduguhkan nuansa yang ciamik karena menampilkan desain two-tone yang stylish dengan imbuhan fitur perangkat infotainment 10,25 inci dengan posisi berdiri independen.

Interior bagian depan Wuling Asta – dok.Istimewa

Kluster instrumennya menggunakan teknologi full digital. SUV ini juga mengggunakan sistem pencahayaan ambient, plus trim kayu yang berpadu dengan aksen metalik sehingga mencuatkan kesan elegan. Lebih menarik lagi, karena ada sunroof panoramik besar yang berukuran 1.002 mm x 800 mm.

“SUV ini dirancang untuk menarik minat pembeli SUV di kalangan generasi muda yang dinamis dan menyukai teknologi canggih, gaya, serta kenyamanan dalam berkendara,” bunyi keterangan Wuling Motors.

Fitur canggih Wuling Asta – dok.Istimewa

Tampilan parasnya menonjolkan “sayap dinamis” dengan grill yang menonjol. Grill ini diapit lampu LED yang ergaya desain bumerang

Sedangkan di bagian belakang garis bahu yang menonjol yang kontras dengan kelongsong bodi dari bahan plastik. Dan yang membuatnya menarik karena pilar belakang yang menonjol dipadu dengan lampu belakang yang berukuran ramping.

Untuk jantung pacunya, Wuling membekalinya dengan mesin berbahan bakar bensin 1,5 liter yang diimbuhi turbocharged. Semburan tenaga dari mesin ini diklaim mencapai 145 hp dengan torsi hingga 250 Nm, yang disalurkan ke roda menggunakan transmisi manual atau otomotis CVT.

Tampilan bagian depan Wuling Asta – dok.Istimewa

Hasil uji internal Wuling menunjukkan, kemampuan akselerasi Wuling Asta ini cukup mumpuni. Per;pindahan laju kecepatan dari 0 kilometer per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj dicapai hanya dalam waktu 10,6 detik.

Ada lima varian yang disajikan. Varian terendah dibanderol mulai dari 69.800 yuan atau sekitar Rp 154 jutaan (kurs 1 yuan = Rp 2.205,83), sedangkan yang tertinggi 99.800 yuan atau sekitar Rp 220 jutaan.

Jika Wuling atau pabrikan lain kini berlomba menggelontorkan model SUV ke pasar itu sangat wajar. Seperti dilaporkan laman Research Nester dan Nebraska Daily, belum lama ini, hasil penelitian dari lembaga riset Fitch dan Nasdaq menunjukkan, tingkat pertumbuhan majemuk secara tahunan (CAGR) pasar SUV global di periode 2018 – 2027 diperkerikan mencapai 53,2 juta unit di tahun 2027 nanti.

Tampilan bagian atas Wuling Asta – dok.Istimewa

Jumlah ini melompat jauh dari jumlah unit SUV yang berhasil terserap pasar di tahun 2017 yang sebanyak 26,8 juta unit. Persepsi, kebutuhan, dan gaya hidup generasi milineal terhadap SUV disebut menjadi pemicunya. (Vto/Aa)