WMC250EV, Motor Listrik Berkecepatan 407 Kpj

0
1043
Tampilan bagian depan White Motorcycle Concept - dok.Istimewa via Carscoops

London, Mobilitas – Sebuah perusahaan rintisan asal Inggris bernama White Motorcycle Concepts (WMC) ingin memecahkan rekor kecepatan sepeda motor listrik di dunia. Hasilnya, sebuah motor konsep bernama WMC250EV, yang diklaim mampu melesat hingga 407 kilometer per jam (kpj).

Seperti dilansir laman resmi perusahaan dan laman Carscoops, Sabtu (26/6/2021), kunci dari kedahsyatan dari motor itu terletak pada kemampuan motor listrik dan aerodinamikanya.

“Kami menggabungkan tiga inovasi yang menjadi keunggulan komparatif dari WMC. Ketiganya adalah konsep aerodinamis (V-Air), penggerak dua roda (D-Drive) dan transfer energi ke roda belakang (F-Drive),” ujar sosok di belakang ide WMC itu, Robert White.

Bagian dalam motor listrik WMC – dok.Istimewa via Carscoops

Motor ini berbobot 300 kilogram, standar motor konvensional. Namun yang membedakan dengan dan menjadi keunikannya di bawah jok mulai dari depan hingga belakang dibuat bolong seperti terowongan (dinamai V-Air).

Maklum, karena motor listrik tak memiliki tangki bahan bakar. Dan terowongan tersebut justeru menjadikannya memiliki tingkat aerodinamika yang tinggi.

Keunggulan lainnya adalah, sumber tenaga atau daya yakni motor listrik yang bernama D-Drive. Sumber daya ini terdiri dari dua motor listrik, yakni satu motor berkapasitas 20 kW dipasang di roda depan.

Tampilan bagian samping motor listrik WMC – dok.Istimewa via Carscoops

Satu motor lainnya yakni AC berkapasitas 30kW yang dipasang di roda belakang. Keduanya menggunakan baterai ion lithium 15 kWh.

Laman Top Gear mencatat sebagian besar komponen dibuat dari serat karbon atau aluminium untuk mengurangi bobot. Tetapi yang tidak kalah menarik adalah, fitur yang disematkan padanya.

Paras motor listrik WMC – dok.Istimewa via Carscoops

Motor yang ditujukan untuk memecahkan rekor kecepatan motor listrik di Inggris hingga 12 bulan ke depan itu dibekali serangkaian fitur keamanan dan kenyamanan yang sangat mumpuni. Pengeremannya menggunakan peranti kelas wahid. (Ren/Aa)