Wuling Hong Guang Mini EV Sudah Laku 700.000 Lebih, Terlaris di Cina

0
1209
Wuling Hong Guang Mini EV di Cina - dok.InsideEVs

Jakarta, Mobilitas – Perusahaan kongsi antara SAIC Motor, General Motors, dan Wuling Automobile (SGMW) atau yang secara umum dikenal dengan Wuling Motors, sejak Agustus 2020 hingga 30 Aoril tahun ini telah membukukan penjualan mobil listrik Hong Guang Mini EV sebanyak 700.000 lebih. Bahkan sepanjang Januari hingga April tahun ini, mobil setrum Wuling itu menjadi mobil listrik terlaris di Cina.

Data penjualan di China Passenger Car Association (CPCA) yang dikutip Mobilitas, Kamis (19/5/2022) menunjukkan selama empat bulan pertama tersebut, Wuling Hong Guang Mini EV terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 119.686 unit. Jumlah ini meningkat 21 persen dibanding periode sama di tahun 2021 lalu.

Wuling Hong Guang Mini EV juga menjadi mobil setrum (listrik murni atau BEV) yang paling banyak terjual ke dealer (wholesales) di Cina selama empat bulan pertama itu. Totalnya, 133.902 unit atau meningkat 6 persen dibanding Januari hingga April 2021.

Konsep mobil listrik Wuling GSEV saat diperkenalkan di hajatan GIIAS 2021 lalu – dok.Wuling Indonesia

Angka penjualan mobil listrik mungil itu juga jauh di atas mobil listrik besutan Tesla Inc (yang diproduksi di Shanghai, Cina) yakni Tesla Model Y. Mobil terlaris Tesla itu, selama empat bulan pertama laku sebanyak 75.067 unit.

Mobil yang dibandung dengan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) itu memiliki dimensi ukuran panjang 2.917 milimeter (mm), lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm. Mobil ini, dikabarkan tengah dalam proses produksi di pabrik Wuling Motors Indonesia yang berada di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

“Informasi terakhir yang kita dengar, sedang dalam proses produksi (di Cikarang, Jawa Barat). Meskipun, komponen-komponen utama masih diimpor dari Cina, tetapi kabarnya sedang dalam proses produksi dengan beberapa kali pengujian jalan yang dilakukan. Namun, sejauh mana proses perkembangan proses itu, tentu yang tahu persis internal SGMW Indonesia (Wuling Indonesia),” kata kolega Mobilitas yang juga pejabat di Kementerian Perindustrian saat dihubungi di Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Wuling Hong Guang Mini EV – dok.Chinapev

Wuling Hong Guang Mini EV juga telah terdaftar di berita resmi desain industri yang diterbitkan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM). Ada dua desain mobil itu yang terdaftar dalam Berita Resmi Desain Industri No. 3/DI/2022 yang diumumkan 25 Januari 2022 sampai 24 April 2022.

Hanya, kapan mobil listrik tersebut diluncurkan dan berapa harga yang dipatok untuknya di pasar Indonesia, hingga kini belum ada informasi. Meski, isu yang santer beredar menyebut hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yang berlangsung Agustus nanti kemungkinan besar menjadi ajang peluncuran. (Fer/Aa)