Wuling: Termasuk RI, Diler di 70 Negara Minati Hongguang Mini EV

0
1275
Mobil Listrik Wuling Hongguang Mini EV di Cina - dok.China Daily

Liuzhou, Mobilitas – Pabrikan mobil kongsi SAIC-GM-Wuling (SGMW) atau yang juga dikenal dengan nama Wuling Motors melalui anak perusahaanya di Indonesia akan mulai menjual mobil listrik mungil berbasis platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) mulai tahun 2022 nanti.

Di Cina mobil bertenaga dari setrum berbasis GSEV ini ada dua yakni Wuling Hongguang Mini EV dan Baojun KiWi EV.

Kedua model ini telah diperkenalkan Wuling Motors Indonesia di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang pada 11 – 21 November kemarin.

Pengenalan platform Wuling GSEV atau platform mobil listrik Wuling di GIIAS 2021 – dok.Wuling

“Perkenalan GSEV oleh Wuling di GIIAS 2021 merupakan komitmen kami untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam percepatan elektrifikasi kendaraan,” kata Vice President of Wuling Motors Indonesia, Han Dehong, seperti dilansir China Daily, Kamis (25/11/2021).

Hanya, hingga kini belum ada kepastian mana dari dua model itu yang akan dijajakan di pasar Indonesia pada tahun 2022 nanti. Produsen mobil itu juga menolak mengatakan apakah akan mengekspor kendaraan dari Cina ke Indonesia atau memproduksinya di pabrik lokal yang berada di Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik itu dibangun Wuling pada tahun 2017 dan merupakan bagian dari investasi jangka panjang Wuling senilai US$ 700 juta. Pabrik ini berkapasitas produksi terpasang hingga 120.000 unit kendaraan per tahun.

Pengenalan Wuling GSEV yakni Baojun KiWi di GIIAS 2021 – dok.Istimewa

“Indonesia akan menjadi pasar luar negeri pertama untuk model yang dibangun di atas platform mini-EV ini,” ujar perwakilan Wuling di Cina.

Tahun 2020 lalu, Wuling menjadi terkenal di segmen pasar kendaraan listrik di Cina setelah Hongguang Mini EV berhasil menggusur Tesla Model 3 sebagai mobil listrik terlaris di dunia. Sejak diluncurkan pada Juli 2020 hingga sekarang, mobil ini – menurut data internal Wuling – telah terjual 650.000 unit

Seorang perwakilan pabrikan yang bermarkas di Liuzhou, Guangzhou,Cina ini mengatakan lebih dari 200 diler dari 70 negara dan wilayah di dunia telah menyatakan minatnya pada model Hongguang Mini EV tersebut. Tetapi, Indonesia menjadi pasar luar negeri pertama yang mendapatkannya. (Swe/Aa)