Kia Sportage Terbaru Meluncur Juli, Perubahan Cukup Radikal

0
242
Versi baru KIa Sportage generasi keempat - dok.Istimewa

Seoul, Mobilitas – Meski belum menyebutkan jadwal secara resmi, namun Kia Motor Corporation (Kia) telah mengisyaratkan peluncuran generasi terbaru atau generasi kelima SUV Kia Sportage pada Juli tahun ini. All New Kia Sportage itu disebut banyak kalangan mendapatkan ubahan yang cukup radikal baik dalam desian maupun fitur yang disandangnya.

Sejumlah gambar teaser atau gambar penggoda disuguhkan pabrikan asal Korea Selatan ini. Gambar-gambar berupa siluet tersebut memang memperlihatkan sesuatu yang baru dibanding model yang beredar di pasar saat ini.

Senior Vice President and Head of Global Design Center Kia, Habib Karim menyebut gaya desain All New Kia Sportage tersebut terinspirasi oleh paduan antara alam dengan modernitas.

Teaser Kia Sportage versi terbaru – dok.Kia

“Sportage baru melampui konsep desain yang ada, dengan menegaskan aspek petualangan kontemporer dan detil yang indah dan menjadi perintis gaya desain interior baru,” kata dia seperti dilansir laman resmi perusahaan, Senin (31/5/2021).

Laman Autoindustriya, Senin (31/5/2021) melaporkan, dari serangkaian gambar-gambar teaser yang disajikan Kia itu terlihat, Kia Sportage anyar itu merupakan wujud dari ubahan cukup radikal yang dilakukan pabrikan di SUV tersebut.

“Meskipun belum ada tampilan lengkapnya, Kia (sepertinya telah) berusaha sekuat tenaga untuk perubahan model penuh ini. Jika Anda memiliki keraguan tentang itu, lihat saja di bagian depan (mobil),” tulis media otomotif di Filipina itu.

Teaser bagian belakang Kia Sportage terbaru – dok.Kia

Aerodinamika meningkat
Pada bagian depan terlihat posisi lampu utama kini lebih tinggi. Dari gambar siluet itu juga mengindikaskan Kia memberi All-New Sportage gill besar, hal itu selaras dengan arah gaya desain Kia saat ini.

Garis lebih ramping dari sebelumnya. Bagian ini terkesan lebih melandai atau tidak terlihat tegak seperti model sebelumnya. Garis atap ini mengadopsi gaya desain bagian yang sama pada crossover listrik EV6.

SEcara keseluruhan Kia menyebut bentuk baru All New Kia Sportage lebih aerodinamis. Aspek ini bakal membuatnya lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Teaser interior bagian depan Kia Sportage terbaru – dok.Kia

Di bagian belakang, lampu terlihat jauh lebih dinamis ketimbang lampu model yang ada saat ini. Kaca belakang juga lebih gagah dari sebelumnya, selaras dengan bodi yang lebih aerodinamis.

Sementara untuk interior, Kia menggunakan menggunakan teknologi digital penuh. Panel instrumen dan layar infotainmen ditempatkan dalam satu panel, dan kemungkinan besar sebagian besar operasional fungsi fitur kendaraan ditempatkan di sana.

Penjualan
Kehadiran generasi paling gres ini diharapkan menjadikan penjualan Kia melaju kencang. Terlebih Kia Sportage merupakan model Kia yang paling disukai konsumen dunia.

Data penjualan Kia Motor yang dikutip Automotive World belum lama ini menunjukkan, sepanjang tahun 2020 lalu, Kia Sportage mencatat penjualan terbanyak di antara mobil-mobil Kia di pasar global.

Tampilan belakang Kia Sportage generasi keempat atau model yang ada saat ini – dok.Carfacta

Mobil yang pertama kali diluncurkan pada Juli 1993 ini menjadi mobil Kia terlaris di pasar utama seperti Korea, Eropa, Amerika, serta Cina.

Dari total penjualan Kia di pasar global – termasuk di Korea – yang sebanyak 2.607.337 unit, Kia Sportage mencatatkan penjualan terbanyak. Dia laku sebanyak 366.929 unit, melampuai penjualan Kia Seltos yang sebanyak 328.128 unit, dan sedan K3 yang sebanyak 237.688 unit. (Din/Aa)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here